Merry Riana Little notes :

“To create a positive impact in the lives of at least 1 million people, especially in Asia”
-Merry Riana, on her 30th Birthday Resolution-

BUSSINES PLAN

| Senin, 08 Agustus 2011 | |
SEringnya sayan mengikuti lomba-lomba yang menuntut pesertanya untuk membuat bussines plan (rencana bisnis) dan mengimplementasikan nya. Terhitung 3x saya mengikuti nya, 1x masuk final, 2x cuma sampai semi final ;p
Berikut saya akan bahas apa sih bisnis plan itu dan apa saja yg ada di dalam business plan? cekidot !



Business Plan adalah dokumen yang menggambarkan perencanaan suatu bisnisyang diusulkan secara sistematis.

1. Deskripsi dari bisnis yang akan dijalankan
Bagian ini berisi penjelasan singkat mengenai bisnis yang akan dijalankan mencakup latar belakang bisnis, konsep bisnis, dan cara mengimplementasikan (penjualan). Dapat memberikan gambaran umum tentang bisnis yang akan dijalankan kepada pembaca business plan ini.

2. Visi dan Misi
a. Visi : Pandangan, gambaran bisnis yang ingin dicapai  di masa depan (what do u want to have)
b. Misi : Perwujudan visi, langkah yang akan dilakukan untuk memenuhi visi yang ditetapkan (what do u want to be), deskripsi tujuan dasar bisnis.

3. Analisa pasar ( S T P & D )
a. Segmenting : Pembagian potensi pasar menjadi bagian-bagian tertentu berdasarkan demografis, kelas ekonomi, jenis kelamin, umur, dsb
b. Targeting : Membidik target market yang telah dipilih melalui segmentasi (memuat karakteristik target market)
c. Differentiation : Upaya yg dilakukan untuk menciptakan kesan produk yg berbeda dari pesaing (bisa berupa diferensiasi produk, pelayanan, personil, jaringan distribusi, citra perusahaan)
d. Positioning : Menciptakan keunikan barang/jasa yang ditawarkan di mata konsumen, yang dapat mendorong untuk melakukan pembelian berikutnya.

4. Konsep marketing mix ( 4Ps)
a. Product : Deskripsi detail barang/jasa yang dipasarkan (produk, desain, kemasan, dll)
b. Price : Penentuan harga barang/jasa yg ditawarkan
c. Place : Detail desain tempat yang akan mendukung proses pemasaran barang/jasa yg ditawarkan
d. Promotion : Strategi marketing yg dimiliki, langkah-langkah yang dilakukan untuk memperkenalkan produk baru pada konsumen (brand awareness)



5. Analisa SWOT
a. Strength / kekuatan : Kelebihan produk yg ditawarkan, kemampuan/keunggulan yang dimiliki team untuk mencapai tujuan (internal)
b. Weakness / kelemahan : Kekurangan dari produk yg ditawarkan,kelemahan dibandingkan kompetitor bisnis (internal)
c. Opportunities / peluang : Peluang atau kesempatan yang dapat muncul untuk mengembangkan bisnis di kemudian hari (eksternal)
d. Threat / ancaman : Ancaman yang berpengaruh pada bisnis,yang dapat menghambat kemajuan bisnis tersebut (eksternal)

6. Anggaran
a. Anggaran yang digunakan
Penjelasan mengenai rencana keuangan : Modal yg dibutuhkan, biaya produksi, biaya marketing, dll.. Mencakup peralatan dan bahan yang akan dibutuhkan saat implementasi bisnis.

b. Break Even Point
Jumlah kuantitas barang yang harus terjual untuk mencapai kondisi pemasukan total sama dengan pengeluaran total.
TOTAL COST = TOTAL REVENUE
FIXED COST + VARIABLE COST = PRICE x QUANTITY
7. Target
Sasaran bisnis, mencakup: target penjualan saat implementasi (target kuantitas barang/jasa terjual dan target pendapatan), rencana pengembangan bisnis di masa mendatang, dan antisipasi masalah yang dapat muncul.
Kira-kira sekian yah pembahasan tentang apaan sih Business Plan itu.. 
Smoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar